Logo Design by FlamingText.com

Senin, 08 Oktober 2012

Browse » Home » » TUGAS 1 TEORI ORGANISASI UMUM 1

TUGAS 1 TEORI ORGANISASI UMUM 1


    1.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan organisasi ?
  Pengertian Organisasi secara Umum Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

  • Organisasi Menurut Stoner Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
  • Organisasi Menurut James D. Mooney Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. 
  • Organisasi Menurut Chester I. Bernard Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Organisasi Menurut PFIFFNER dan SHERWOOD Organisasi sebagai suatu pola dari cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling berhubungan, bertemu muka, secara intim dan terkait dalam suatu tugas yang bersifat kompleks, berhubungan satu dengan yang lainnya secara sadar, menetapkan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan semula secara sistematis.
  • Organisasi Menurut BAKKE Organisasi merupakan  sebuah sistem yang kontinue dari penggunaan, pemindahan aktivitas-aktivitas manusia yang dibebankan dan dikoordinasikan, sehingga membentuk suatu kumpulan tertentu yang terdiri dari manusia, material, kapital, gagasan, dan sumber daya alam ke dalam suatu keseluruhan pemecahan persoalan.
  • Organisasi Menurut ALLEN Organisasi adalah suatu proses identifikasi dan pembentukan serta pengelompokan kerja, mendefinisikan dan mendelegasikan wewenang maupun tanggung jawab dan menetapkan hubungan - hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerjasama secara efektif dalam menuju tujuan yang ditetapkan.
       2.   Mengapa organisasi dikatakan sebagai wadah dan proses ? 
          Organisasi Sebagai Wadah
Maksud dari wadah di dalam organisasi adalah tempat dimana suatu kelompok berkumpul untuk membicarakan dan bekerja sama dalam satu tujuan.Di dalam organisasi tersebut tempat orang-orang bertukar pikiran dan menuangkan ide-ide mengenai organisasi tersebut,karena itu maka dapat disebut sebagai wadah
     Organisasi Sebagai Proses
Maksud dari proses di dalam organisasi adalah dimana ide-ide dan saran dari anggota organisasi tidah hanya sebagai catatan saja,melainkan akan di proses menjadi sesuatu yang lebih baik dalam arti lain mengaplikasikan ide-ide yang telah dikumpulkan di dalam wadah tersebut.


    3.    Organisasi ada formal dan informal, jelaskan masing - masing dan berikan contohnya ?
Organisasi ada formal  adalah sebuah organisasi formal memiliki strukstur yang terumuskan dengan baik. Struktur ini menerangkan hubungan-hubungan otoritasnya, kekuasaan, akuntabilitas, dan tanggung jawabnya. Struktur yang ada juga menerangkan bagaimana bentuk saluran-saluran, dan melalui apa komunikasi berlangsung.
Contoh organisasi formal adalah : Perusahaan, Badan Pemerintah, Sekolah, Negara
Organisasi informal
Keanggotaan pada organisasi-organisasi informal dapat dicapai baik secara sadar maupun tidak sadar, dan kerap kali sulit untuk menentukan waktu eksak seseorang menjadi anggota organisasi tersebut. Sifat eksak hubungan antar anggota dan bahkan tujuan organisasi yang bersangkutan tidak terspesifikasi.
Contoh organisasi informal adalah pertemuan tidak resmi seperti pergi ke tempat wisata

4   4.   Ceritakan pengalaman kalian pribadi kalian baik di organisasi formal maupun informal ?
Pengalaman saya di organisasi formal yaitu bekerja di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perbaikan komputer.  di sini saya berkerja dalam kelompok, misalkan ada sebuah tender dari perusahaan yang membutuhkan untuk di maintenance secara rutin, perusahaan kami langsung menyiapkan penawaran harga dan daftar barang yang akan dirawat atau di perbaiki setiap minggunya.  Dalam hal ini saya menyiapkan berkas – berkas yang akan di lampirkan untuk mengajukan penawaran barang apa saja yang akan di maintenance rutin setiap minggunya . Bagian lainnya mencari harga barang dan spesifikasi spare part yang di minta oleh perusahaan tersebut. Begitulah sedikit pengalaman saya dalam organisasi formal, yang sampai sekarang masih saya jalankan.
Advertisement below...!

Comments : Ada 0 komentar untuk TUGAS 1 TEORI ORGANISASI UMUM 1

Posting Komentar

 
© Copyright 2011 : Punya Cerita